Sorong, pbhkp.or.id – Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Papua Barat, pada jumat 18 juni 2021 melaksanakan kegiatan Desiminasi Hak Asasi Manusia berupa pelayanan publik berbasis HAM. kegiatan yang dilaksanakan di lembaga pemasyarakatan kelas II B Sorong, di buka secara resmi oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sorong , Gustaf N.A.Rumaikewi dan juga di hadiri oleh Kabid HAM Kanwil Hukum dan HAM Papua Barat Allo Fernandez sera Ketua PBHKP Sorong, Loury Da Costa, sementara para peserta kegiatan berasal dari pegawai kantor Imigrasi Sorong, BAPAS Sorong dan Lapas Sorong.

Kalapas Kelas IIB Sorong, dalam arahannya saat membuka kegiatan tersebut meminta para peserta selalu mengedepankan pelayanan yang baik kepada para tahanan maupun keluarga yang datang mengunjungi.”Kita sebagai petugas harus selalu ramah dan mengedepankan pelayanan yang baik bagi seluruh warga binaan yang saat ini sedang menjalani masa hukuman maupun penahanan,”Ujar Rumaikewi.

sementara itu, sebagai pemateri tunggal, Ketua PBHKP Sorong, Loury Da Costa , memaparkan aspek aspek apa saja yang masuk dalam pelayanan publik berbasis HAM bagi para peserta, antara lain kepastian hukum, kesamaan hak, partisipatif, persamaan perlakuan, keterbukaan dan akuntabilitasfasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan, kecepatan, kemudahan, dan keterjangkauan serta memberikan pelayanan yang sebaik baiknya kepada warga binaan.

“Kedepannya, kita mengharapkan output dari kegiatan ini dapat segera diterapkan demi terciptanya kenyamanan dan juga penghargaan terhadap hak asasi manusia,”terang Loury Da Costa.

Penulis : MUS