Sorong,pbhkp.or.id – Seringkali mendapatkan perlakuan yang tidak adil, membuat warga masyarakat selalu dirugikan jika bermasalah dengan hukum. kerugian baik secara materiil maupun imateriil sering dialami warga yang buta akan hak dan dan kewajiban mereka . Perlindungan hukum atas hak masyarakat adat juga sering diabaikan jika warga sudah berhadapan dengan proses hukum. menyikapi berbagai permasalahan yang terjadi, pihak Perhimpunan bantuan Hukum Keadilan dan Perdamaian (PBHKP) Sorong melakukan tatap muka dengan warga masyarakat di Kampung Klabra Distrik Beraur Kabupaten Sorong pada Jumat 12 Maret 2021.

Pertemuan yang dikemas dalam bentuk Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Distrik Beraur, Yohanis Segidifat bersama unsur badan musyawarah kampung (Bamuskam) Klabra serta puluhan warga, dimana kegiatan ososialisasi bantuan hukum tersebut digelar di balai kampung Klabra.

Loury Da Costa.SH, selaku Ketua PBHKP Sorong bersama Kordinator non – Litigasi, Jein Worisi.SH dan team , pada kesempatan tatap muka tersebut banyak memberikan pencerahan kepada seluruh warga yang hadir akan pentingnya pemahaman hak dan kewajiban warga jika berhadapan dengan masalah hukum yang sering tidak berpihak kepada warga msyarakat.

“Kegiatan ini (Sosialisasi-red), bertujuan memberikan perlindungan dan bantuan hukum secara gratis kepada warga. selain itu juga kami berharap peran aktif dari warga masyarakat yang berada di kampung klabra dalam menjaga dan melindungi hak hak mereka secara khusus terkait hak hak masyarakat adat dimata hukum,” Terang Loury Da Costa.SH.

warga kampung klabra, sangat antusias saat mengikuti sosialisasi yang dilaksanakan oleh tim dari PBHKP sorong, berbagai permasalahan hukum yang mereka alami selam ini seringkali merugikan mereka selaku masyarakat adat. menanggapi hal tersebut, Septinus Yamese, salah satu tokoh masyarat setempat memberikan apresiasi kepada pihak PBHKP Sorong yang telah hadir memberikan pencerahan dan siap membantu warga di kampung Klabra.

“Ini merupakan suatu langkah maju yang bagus bagi kami warga disini, kehadiran PBHKP Sorong bisa membuka cara pandang kami terkait hak dan kewajiban bila terjadi permasalahan hukum, baik antara sesama warga maupun warga dengan pemerintah serta pihak pihak lainnya, semoga pelayanan hukum yang dilakukan PBHKP Sorong ini membawa perubahan dalam kehidupan warga kampung klabra khususnya hak hak kami selaku masyarakat adat,”Tandas Septinus Yamese.

Penulis : Sonny/pbhkp