Sorong, pbhkp.or.id – Tim PBHKP dalam proses pendampingan anak yang berhadapan dengan hukum dalam pengajuan proses Diversi yang bertujuan mencapai perdamaian antara korban dan anak.

Tersangka yang diduga terlibat dalam kasus pencurian motor ditangkap dan ditahan di Polres Sorong Kota bersama tersangka utama dan penadahnya.

Dalam prosesnya, tersangka yang berinisial SWM yang masih dibawa umur dengan kasus di atas 7 tahun wajib untuk di lakukan Diversi (Pasal 7 ayat 2 UU SPPA)

Adapun proses Diversi yang di minta oleh Tim PBHKP pengacara tersangka anak setelah berkoordinasi dengan kanit PPA Polres Sorong Sehingga proses diversi dapat disetujui dan dilanjutkan dengan proses pencabutan laporan dan penandatanganan berita acara diversi oleh tersangka yang masih di bawah umur, saksi orang tua tersangaka, korban, BAPAS Sorong dan pengacara tersangka Richard Rumbekwan, SH.

Ket: Orang tua tersangka dan Paralegal Sonny Laratmasse dalam mendampingai SWM

Proses diversi yang dilakukan telah sesuai prosedur, dan telah ada kesepakatan dengan pihak korban dan korban telah mencabut laporannya, kata pengacara PBHKP Richard Rmbekwan,SH,”Semoga menjadi perhatian bagi para orang tua untuk memperhatikan dan selalu mengawasi anaknya”.

penulis: econ.r