Sorong, pbhkp.or.id- Perhimpunan Bantuan Hukum Keadilan dan Perdamaian (PBHKP) Kota Sorong berkolabaorasi dengan Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia Fakultas Hukum Universitas Indonesia (MaPPI FHUI), Indonesian Legal Roundtable (ILR), Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), dan International Development Law Organitation (IDLO) melakukan penyusunan indeks akses terhadap keadilan. Dan salah satu rangkaian dari proses penyusunan indeks akses terhadap keadilan adalah pelaksanaan uji coba alat ukur dalam dalam hal ini uji coba panduan focus group discussion dengan pakar.

Kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari mulai hari Senin tanggal 17 sampai Kamis 20 Juni 2019 ini turut mengundang Responden dari masyarakat umum, Akademisi, Praktisi, dan Aktivis Masyarakat dalam melaksanakan pengambilan data.

Pengambilan data sendiri berfokus pada masyarakat yang pernah mengalami masalah hukum atau kasus hukum, sehingga data yang di ambil sesuai dengan kepuasan masyarakat dalam mendapatkan akses keadilan.

Harapan dari ketua PBHKP Kota Sorong, Loury da Costa,SH, “Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mempermudah akses masyarakat dalam mencari keadilan dan bagi pemerintah dapat mebuat kebijakan yang responsif terhadap persoalan akses keadilan tersebut.

Penulis: Econ